Pages

Subscribe:

Thursday, October 25, 2012

Solusi bagi Penderita Diabetes

Berikut tips bagi penderita diabetes :
1. Kurangi asupan karbohidrat
Terlalu banyak karbohidrat akan menyebabkan produksi gula berlebihan di dalam darah. Selain pengaturan pola makan juga harus diimbangi dengan olahraga.
2. Konsumsi Pare
Pare bekerja memperbaiki sel beta pankreas. Charantin dan Polypeptide-P di dalam pare akan merangsang sel beta pankreas untuk mengeluarkan insulin.
3. ASI mencegah diabetes
Diabetes juga bisa disebabkan karena autoimun dimana tubuh sendiri membentuk autoantibodi melawan autoantigen. Menurut sebuah penelitian, ini bisa terjadi pada bayi yang sejak dini diberi susu formula. Mereka akan klebih mudah menderita DM daripada bayi yang diberi ASI.
4. Tambahkan brokoli pada menu anda
Brokoli adalah sumber kromium terbaik, yang merupakan mineral yang menjaga dan mengkontrol kadar gula dalam darah.
5. Jangan stres
Faktor stress bisa menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah secara tiba-tiba. Ini dikarenakan radikal bebas dapat merusak sel Langerhans atau karena hormon adrenalin yang mengubah cadangan glikogen dalam hati menjadi glukosa sehingga kadar gula meningkat.
6. Beras Merah lebih baik 
Para ahli menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi nasi putih dari waktu ke waktu lebih cenderung memiliki tekanan darah yang tinggi, peningkatan kadar gula dan lemak berbahaya dalam darah, serta rendahnya kadar kolestrol baik.
7. Minuman Buah sebaiknya dihindari
Minuman buah mengandung gula sebagai minuman kesehatan ternyata meningkatkan risiko diabetes dan menambah berat badan.
8. Jus anggur dan jus jeruk lebih baik
Jus jeruk dan anggur walaupun mengandung gula, namun merupakan gula alami yang terdapat dalam buah tersebut, dimana minuman tersebut memiliki efek metabolisme yang berbeda atau lebih sebagai asupan makanan.
9. Labu parang bisa jadi alternatif
Labu parang berkhasiat untuk mengobati diabetes melitus tipe 2, karena mengandung senyawa saponin dan flavonoid yang berkhasiat menurunkan kadar glukosa darah dan memperbaiki sel beta pankreas untuk menghasilkan insulin kembali.
10. Khasiat bawang putih
Bawang putih memiliki bahan-bahan aktif seperti alil propil disulfida dan diallyldisul-phide oksida. apabila dikombinasikan dengan flavonoid akan memainkan peranan penting dalam menurunkan kadar glukosa darah.
9. Minum Teh bisa atasi diabetes
Teh yang terbuat dari daun mulberry, teh hitam, dan teh hijau berpotensi besar mengatasi penyakit diabetes tipe 2. Teh mengandung senyawa utama yang disebut polyphenol, yang sangat baik untuk proses detoksifikasi. Manfaat lain dari teh adalah menghambat pembentukan sel-sel kanker, mencegah penyakit jantung dan stroke, menstimulasi sistem sirkulasi, memperkuat pembuluh darah, dan menurunkan kadar kolestrol dalam darah, serta menstabilkan kadar gula dalam darah.

Sumber : Sequislife Article

0 comments:

Post a Comment